Langsung ke konten utama

Novel gue cetak!

               "Akhirnya cetak!!!!!" gue mendadak gila gara-gara 2 buku yang terpampang di meja belajar. Buku apa? Buku novel hasil jerih payah gue sendiri. Dua bulan gue njelimpang-njelimpung cari inspirasi buat nyelesainnya, akhirnya tamat juga. Pyuhhh... *ngelapkeringet*
                Sebenarnya novel yang gue cetak itu cuma tugas, tapi gue tetep aja senengnya ampun-apunan. Jadi gini, awal semester 1 dosen gue yang biasa dipanggil pak Madun udah ngasih 'warning' ke kita buat segera menyelesaikan tugas akhir. Tugas akhirnya itu ada 3 pilihan, novel, kumpulan cerpen, dan kumpulan puisi. Masing-masing itu harus dikerjakan sebanyak 50 halaman A5 dengan berbagai ketentuan. 
                Gue dan temen-temen langsung histeris ngedenger penjelasan tentang tugas gila itu. Berhubung yang doi minta 50 halaman, otomatis gue udah ngeper dulu buat bikin novel. Gila aja novel 50 halaman, bro! Waktu itu yang gue pilih adalah kumpulan cerpen. Menurut kesoktauan tingkat dewa gue, kayanya kumpulan cerpen lebih gampang dan cepet selesai.
                 Namanya juga mahasiswa, nggak afdol kalau ngerjain tugas nggak mepet deadline. Gue pun baru ngerjain kumpulan cerpen itu 3 bulan terakhir. Dengan gegayaan kaya penulis beneran, gue kemana-mana bawa laptop, dikit-dikit buka laptop, tapi nggak dapet apa-apa. Gue cuma berhasil nulis beberapa paragraf terus ngblank.  Sempet bingung juga kenapa gue jadi bolot segini parahnya. Padahal dulu doyan banget sama yang namanya bikin cerpen ckck. Waktu telah mengubah otakku!
                 Beruntung dikampus diajarin matkul Critical and Creative Thinking. Gue ngikut ajaran dosen buat mikir out of the box (ini bohongan). Akhirnya ketemu deh alesan kenapa gue nggak bisa-bisa nyelesain kumpulan cerpen.  Ternyata cerpen nggak semudah yang gue bayangkan, bikin kumpulan cerpen itu susah huf. Salut deh sama mereka yang bikin kumpulan cerpen.
                  Suatu hari tuhanku yang sempurna, Allah SWT, ngasih tahu kalau cerpen itu bukan jodoh gue, jodoh gue itu novel. Langsung deh gue bikin kerangka novel dan yang terpenting cari inspirasi. Inspirasi! Waktu terus berjalan, otak gue pun terus berputar. Akhirnya gue berhasil bikin 12 halaman novel. Namun, setelah beberapa hari ide gue stuck sampe disitu. Nggak bisa maju dan nggak bisa mundur. Apa lagi yang salah?
                  Lagi-lagi gue mikir out of the box. Dengan keberanian ekstra, gue hapus tuh 12 halaman novel. Gue ngulang dari awal dan dengan inspirasi baru. Inspirasi? Ok, gue mau jujur. Jadi, inspirasi utama gue bikin novel itu dari seorang lelaki. Lelaki yang gue sukain banget, tapi sampai sekarang dia nggak tahu perasaan gue. Poor me! Kapan-kapan gue bakal curhat tentang ini.
                  Setelah gue ganti ide cerita dan ispirasinya. Otak dan tangan gue bekerja sangat cepat. Dalam 2 bulan gue berhasil menyelesaikan novel itu. Wow! Judul novel gue adalah Cinta Fatamorgana, 308 halaman. 
Alhamdulillah.... Makasih ya buat kamu yang di.. hmmm di..... ditakdirkan untukku! :)               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gempa dan Tsunami Antara Sendai, Jepang dan Aceh, Indonesia

               Gempa dan tsunami merupakan musibah yang sering terjadi di dunia. Tsunami dapat terjadi jika ada gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah air, seperti letusan   gunung api ,   gempa bumi ,   longsor   maupun   meteor   yang jatuh ke bumi. Namun, 90% terjadinya tsunami adalah akibat dari gempa bumi yang terjadi dibawah laut.  Di dunia sejak tahun 1556 hingga 2006 gempa dan tsunami terjadi sekitar 35 kali. Dua diantaranya adalah gempa dan tsunami yang terjadi di Sendai, Jepang dan Aceh, Indonesia.             Gempa dan tsunami di Sendai, Jepang terjadi pada tahun 2011. Gempa ini berkekuatan 8,9 SR dengan kedalaman gempa 15,1 km. Gempa yang terjadi di Sendai,Jepang ini menyebabkan timbulnya gelombang tsunami setinggi 10 m. Kecepatan gelombang tsunaminya adalah 800 km per jam dengan jangkauan 24 km. Musibah ini mengakibatkan 1.700 orang tewas dan 10.000 orang dinyatakan hilang.              Seperti halnya di Sendai, Jepang, di Aceh, Indonesia juga terjadi ge

From Them

Salah satu tradisi ulangtahun anak muda itu Display picture BBM. Seperti gue yang dapet poto dari sahabat-sahabat gila. made by Indah Made by Clarissa Thank you ya! -_______________- Good job, Tasha Mughniar